METROKalteng.com
NEWS TICKER

Warga Desa Bintang Ara Minta Pemda Setempat Perhatikan Kondisi Jalan Penghubung Desa Yang Rusak Parah

Monday, 30 August 2021 | 11:41 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 145

Buntok, (METROKalteng.com) – Terbentuknya kampung/ perumahan Sosial dari pemerintahan Barito Selatan ini sejak tahun 2003 dengan jumlah sebanyak KK 102. Dimana masyarakat sangat mengharapkan agar pemda setempat dapat memperhatikan terkait kondisi jalan yang merupakan infrastruk yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Ketua RT.03 dan RT.04 Desa Bintang Ara, Endro Abe dan Yandi yang ditemui awak media ini menyebutkan, dari panjang jalan sepanjang 12 kilometer jalan yang ditempuh untuk sampai di Rukun Tetangga (RT) 03 dan RT.04 desa tersebut, yang sangat memperihatinkan adalah kondisi jalan menuju RT.03 dan RT 04.

“Kondisi jalan yang ada menuju RT.03 dan RT.04 Desa Bintang Ara banyak terdapat kubangan lumpur dan semenisasi yang ada sudah mengalami kerusakan,” ucap Ketua RT.o3 Desa Bintang Ara, Endro Abe, Minggu (29/08/2021).

Sementara ketua RT.04 Desa Bintang Ara, Yandi menambahkan, akibat kondisi kerusakan jalan yang ada mengakibatkan masyarakat kesulitan untuk menjual hasil perkebunan mereka.

“Usaha masyarakat di wilayah desa Bintang Ara ini kebanyakan menyadap karet, dan usaha lain berkebun jagung. Saat ini harga karet.Rp. 8000/ kg sementara dari hasil perkebunan lain seperti jagung Rp. 3000/kg, namun akibat kondisi jalan yang rusak kami masyarakat kesulitan untuk mengangkut hasil perkebunan kami untuk dijual,” tambah Yandi.

Sementara Hirosima, salah satu warga masyarakat mengatakan, selama lebih kurang 4 tahun ini kondisi jalan menuju kampung Malungai dalam banyak terdapat kubangan-kubangan yang masih belum ditimbun. Sementara penimbunan yang ada itu pun dilakukan warga secara swadaya dengan tanah.

“Untuk itu, selain perbaikan jalan, kami berharap agar Pemerintah Kabupaten Barito Selatan juga dapat membangun jaringan listrik, Air bersih dan pemasangan penguat sinyal,” tuturnya.

Menurut Hirosima bahwa jalan lintas desa sangat perlu untuk dilakukan perbaikan dan pengaspalan karena jalan tersebut merupakan jalan satu-satunya akses untun menunjang perekonomian masyarakat.

“Adapun pembangunan jalan yang ada baru diselesaikan oleh pihak Tentara Menunggal Membangun Desa (TMMD) sepanjang 13.km. Untuk itu masyarakat berharap agar Pemerintah Daerah Barsel bisa melakukan peningkatan jalan yang sudah dikerjakan oleh pihak TNI Kodim – 1013 Buntok,” harapnya.(Red)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889