METROKalteng.com
NEWS TICKER

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Ajak Masyarakat Agar Lebih Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan Covid-19

Sunday, 7 June 2020 | 5:38 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 23

Kotawaringin Barat, (METROKalteng.Com) – Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dalam kunjungan kerjanya meninjau langsung pelaksanaan Rapid Test Massal COVID-19 (Virus Corona) di Pasar Karang Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Minggu (07/06/2020).

Pada kegiatan tersebut, sekitar 320 orang pedagang dan warga sekitar Pasar Karang Mulya menjalani pemeriksaan rapid test. Sehari sebelumnya (Sabtu, 06/06/2020), rapid test juga telah dilaksanakan di 2 lokasi, yakni di Pasar Indra Sari Kecamatan Arut Selatan dan Pasar Cempaka Kumai di Kecamatan Kumai.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menjelaskan, rapid test massal dilaksanakan di tempat orang dalam jumlah besar dapat berinteraksi, guna mendeteksi sedini mungkin penyebaran COVID-19, agar tidak sampai meluas dan bagi yang terindikasi COVID-19 dapat segera mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

“Kita melaksanakan rapid test (massal) untuk melakukan tracking atau melacak di mana sumber-sumber penyakit (COVID-19), sebagai contoh di pasar,” ungkap Gubernur Sugianto Sabran.

Rapid Test Massal ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, bekerja sama dengan Forkopimda Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, untuk memutus mata rantai COVID-19 sedini mungkin, yang akan dilaksanakan secara bertahap di kabupaten/kota se-Kalteng.

Sugianto selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kalteng membeberkan bahwa Kalteng berada di urutan ke-13 se-Indonesia dalam jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

“Setelah sempat melandai, beberapa waktu terakhir menunjukkan grafik naik lagi, bahkan hingga kemarin (Sabtu, 6 Juni 2020) secara akumulasi jumlah positif COVID-19 di Kalteng mencapai 493 kasus,” tukas Sugianto.

Lanjut Sugianto, ini harus kita sadari bersama, masyarakat harus punya kesadaran tinggi. (Seperti) apa yang dikatakan Ibu Bupati (Kobar). Jangan takut dengan rapid test, ini supaya kita tahu sejak dini apakah positif atau negatif, supaya segera ditangani, karena COVID -19 ini sangat luar biasa penyebarannya.

Gubernur Sugianto pun mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Tengah untuk lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan. Yang bisa menyelamatkan diri kita (dari COVID-19) bukan Gubernur, bukan Bupati, tetapi diri kita sendiri.

“Kalau kita sayang dengan orangtua kita, anak-anak kita, kalau anak-anak sayang dengan orang tua, orang tua sayang dengan anak-anaknya, kita sendiri yang harus mendisiplinkan diri kita,” kata Gubernur Sugianto.

Untuk itu, Gubernur Sugianto menegaskan bahwa keberhasilan menghadapi COVID-19 juga sangat bergantung pada kedisiplinan warga masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19, seperti menerapkan pola hidup bersih dan sehat, selalu memakai masker saat di luar rumah, dan menjalankan physical distancing.

Turut hadir dalam kegiatan Rapid Test Massal di Pasar Karang Mulya tersebut, anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran, Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Kobar, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Provinsi.(Red-MK/Anton)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889