METROKalteng.com
NEWS TICKER

Anggota DPRD Barut Mustafa Joyo Muhtar Dukung Kegiatan Penurunan Angka Stunting

Monday, 5 June 2023 | 8:15 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 2

Muara Teweh, ( METROKalteng.com) –
Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara (Kab-Barut), Mustafa Joyo Muhtar mendukung kegiatan rembuk antara Kecamatan Teweh Tengah dan Pemerintah Desa (Pemdes) Lemo I, serta Puskesmas Lemo dan pihak terkait yang melaksanakan acara rembuk stunting di desa pada Kamis (31/5/2023) yang lalu.

“Karena masalah stunting ini masih menjadi perhatian secara Nasional yang perlu mendapatkan penanganan guna percepatan dalam upaya menurunkan angka stunting di wilayah Kabupaten Barut,” sebut salah satu anggota parlemen Barut, Mustafa Joyo Muhtar.

Apa yang telah dilaksanakan Pemdes Lemo I dan Kecamatan Teweh Tengah dalam menggelar kegiatan rapat rembuk Stunting. “Ini merupakan salah satu perhatian pemerintah untuk penanganan guna percepatan penurunan stunting khususnya di Desa Lemo I,” ujar Mustafa di Muara Riweh.

Disebukannya, dengan dilaksanakannya rembuk stunting tersebut pihak Pemdes Lemo I, Puskesmas dan pihak terkait dapat bersama-sama barbagi data untuk menyatukan gerakan dalam penanganan Stunting masa akan datang.

Karena wilayahpedesaan adalah merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan, kader RDS, KPM, kader Posyandu serta tenaga kesehatan harus bisa dan mampu memberikan edukasi dan mengarahkan masyarakat untuk memiliki pola pikir hidup sehat dimulai dengan asupan makanan yang bergizi.

Disebutkan pula, bahwa dengan dilaksanakannya rembuk stunting tersebut diharapkan para petugas kesehatan di puskesmas dalam berkomunikasi kepada masyarakat lebih terampil lagi dan mengimplementasikan pengetahuan orientasi komunikasi antar pribadi dalam menjelaskan konsep kesehatan.

“Dalam kontek ini diharapkan masyarakat mudah menerima dan mengerti apa yang disampaikan oleh petugas kesehatan utamanya dalam menjelaskan perilaku prioritas percepatan pencegahan dan penurunan angka stunting, khususnya di Barut,” pintanya.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889