METROKalteng.com
NEWS TICKER

Antisipasi Kenaikan Sembako Jelang Ramadhan, Pemkab Mura Gelar Operasi Pasar

Monday, 20 March 2023 | 6:08 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 4

Puruk Cahu, (METROKalteng.com) – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Pemkab-Mura) melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan
telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi untuk mengatasi kenaikan harga barang akibat naiknya daya beli warga jelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Dengqn melaksanakan pasar penyeimbang dalam rangka menekan harga pangan jelang bulan suci ramadhan 1444 hijriah, khususnya diwilayah Kabupaten Mura.

“Untuk pasar penyeimbang ini tersedia sejumlah pangan strategis dengan harga yang telah subsidi dan sudah berjalan dengan mendatangi berbagai titik di 10 kecamatan,” kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Murung Raya, Suria Siri, Senin (20/03/2023).lalu.

Dikatakqn pula, bahwa paket pangan yang terdiri dari beras, gula serta minyak goreng yang kisaran harganya sekitar Rp180 ribu, dijual dengan hanya Rp50 ribu per paket pada kegiatan operasi pasar ini.

“Sedangkan untuk kegiatan pasar penyeimbang ini kami bekerjasama dengan pihak Bulog dengan total pangan yang disebar mencapai 2.350 paket. Kami sudah melaksanakan pasar penyeimbang dilaksanakan di dua titik, yakni di Kelurahan Saripoi Kecamatan Tanah Siang dan Kelurahan Puruk Cahu Kecamatan Murung,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Mura, Perdie M Yoseph mengatakan pemerintah daerah telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi untuk mengatasi kenaikan harga akibat naiknya daya beli warga jelang bulan suci ramadhan 1444 Hijriah ini .

Dukatakannya, bahwa pemerintah daerah sudah melaksanakan rapat koordinasi dalam menghadapi bulan suci Ramadhan yang biasanya mengalami kenaikan harga dan menyiapkan beberapa langkah antisipasi sehingga tidak berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

Sesuai dengan hasil rapat koordinasi tersebut, Perdie menyebutkan pihaknya akan melakukan peninjauan ke sejumlah pasar dalam kota Puruk Cahu dan sekitarnya.

“Pemantauan dilakukan bukan hanya terpusat kepada sembilan bahan pokok, tetapi juga akan ditinjau pada komoditi lain kebutuhan masyarakatbsehari-hari,” tandas Bupati Perdie. (Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889