METROKalteng.com
NEWS TICKER

Pemkab Barsel Terima Penghargaan Cakupan Kesehatan Semesta UHC Award 2023

Wednesday, 15 March 2023 | 4:04 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 3

Jakarta, (METROKalteng.com) – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel) menerima penghargaan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) Tito Karnavian kepada Penjabat (Pj) Bupati Barsel Lisda Arriyana di Gedung Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Penghargaan UHC 2023 ini diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota di Indonesia yang telah mencapai kepesertaan JKN lebih dari 95% dan Kabupaten Barsel mencapai kepesertaan JKN 110,66 persen.

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan, promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau.

Pj. Bupati Barsel Lisda Arriyana dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan seluruh elemen terkait di Kabupeteb Barito Selatan yang telah berpartisipasi dalam program JKN.

“Penghargaan ini menjadi bukti komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program JKN dalam peningkatan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat,” ujar Lisda.

“Saya berharap kepada masyarakat Barito Selatan bila merasa sakit, mereka bisa berobat ke puskesmas dan ke rumah sakit cukup dengan membawa dan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kab. Barsel dan akan mendapatkan pelayanan secara gratis,” tegasnya.

Sementara itu, Wapres Maruf Amin dalam arahannya menyampaikan JKN sebagai salah satu program strategis nasional sejak 2014, Telah menjadi tonggak revolusioner dalam penataan layanan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Penyerahan penghargaan UHC 2023 JKN ini disaksikan oleh Wakil Presiden RI Maruf Amin, Kemenko PMK RI Muhadjir Effendy, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional.(Red)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889