METROKalteng.com
NEWS TICKER

Wujudkan Lingkungan Bersih, Pemdes Bumi Subur Bangun WC Untuk Masing-Masing Rumah Warga

Monday, 6 March 2023 | 8:35 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 43

Katingan, (METROKalteng.com) – Dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar dibidang kesehatan bagi warganya, Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Bumi Subur Kecamatan Katingan Kuala akan membangun WC pada masing-masing rumah warga melalui program Dana Desa (DD) secara bertahap.

Kepala Desa Bumi Subur, Volta Dinata menerangkan, mengingat keterbatasan anggaran, maka pada tahun 2023 ini pembangunan WC bagi rumah warga yang akan dilaksanakan untuk 16 Kepala Keluarga (KK), dan selanjutnya akan dibangun lagi pada tahun 2024 mendatang.

Program pembangunan WC bagi rumah warga tersebut sangat penting, supaya warga Desa Bumi Subur dapat terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

“Kita berharap melalui program ini, warga Desa Bumi Subur dapat terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan,” tutur Kepala Desa Bumi Subur, Volta Dinata kepada media ini, Senin (06/03/2023).

Seperti diketahui, lanjutnya, warga Desa Bumi Subur belum sepenuhnya menerapkan gaya hidup bersih dan sehat lantaran masih banyak warganya yang menggunankan sungai sebagai tempat Mandi, Cuci, Kakus (MCK). Padahal, disungai dinilai tidak higenis bagi diri sendiri dan menimbulkan pencemaran yang dapat mengganggu lingkungan.

Untuk itulah, program WC bagi rumah warga difokuskan dalam pembangunan oleh pemerintah desa supaya semua warga bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Pasalnya, menurut Kepala Desa Bumi Subur, Volta Dinata, sehat itu bukan hanya berarti bagaimana mengobati masyarakat yang sakit.

“Pembangunan WC warga disamping untuk investasi juga dalam rangka menyukseskan program pemerintah dalam penanganan stunting dimana pemdes menganggarkan juga makan tambah bagi balita di posyandu dan pengobatan gratis di posyandu lansia yang mana Obat-obatannya di sediakan oleh Pemdes yang dilaksanakan tiap bulan,” kata Volta Dinata.

Volta Dinata menambahkan, selain program WC bagi rumah warga dan penanganan stunting, pada tahun 2023 ini untuk ketahanan pangan Pemdes Bumi Subur juga mengadakan pengadaaan Sapi sebanyak 8 ekor, tambahnya.(EDS)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889