METROKalteng.com
NEWS TICKER

Infrastruktur Masih Menjadi Dominan Usulan Masyarakat Pada Rangkaian Kegiatan Musyawarah Desa Tahun 2023

Friday, 10 February 2023 | 3:26 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 8

Buntok, (METROKalteng.com) – Rangkaian kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) yang dilaksanakan secara maraton dalam rangka Fasilitasi dan Sinkronisasi Program Kerja Desa dan Kecamatan Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Tahun 2023 hari ini berakhir di Desa Rangga Ilung Kecamatan Jenamas bertempat di gedung Sekolah Menengah Atas (SMA) Bina Ilmu dan dilanjutkan ke Desa Mangkatir Kecamatan Dusun Hilir Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mangkatir, Kamis (9/2/2023).

Sekretaris Daerah, Barsel Edy Purwanto saat membacakan sambutan Penjabat Pj Bupati Barsel Lisda Arriyana mengatakan, bahwa perencanaan pembangunan dari bawah secara partisipatif yang dilaksanakan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Desa kali ini tidak lain adalah agar usulan yang disampaikan memang merupakan prioritas desa dan strategis sehingga perlu mendapatkan perhatian yang lebih dari semua stake holder sehingga secara berjenjang dapat terealisasi.

Dirinya menyebutkan, dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Desa diharapkan mampu menghasilkan kesepakatan dan kesepahaman terkait program kegiatan strategis desa bagi kepentingan dan kemajuan bersama.

Diharapkan kepada Pemerintah Desa dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendiskusikan dan menyepakati program-program pembangunan Tingkat Desa untuk diusulkan pelaksanaan beserta pendanaannya pada forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan nantinya dalam bentuk Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DU RKP).

“Saya ucapkan selamat bermusyawarah dan berdiskusi, semoga apa yang dihasilkan sesuai dengan harapan kita bersama untuk memajukan Daerah Barsel sehingga terciptanya kehidupan masyarakat sejahtera,” kata Edy.

Sementara itu, Kepala Desa Ranggga Ilung Jainal menyampaikan, ada enam usulan prioritas desa nya diantaranya pembuatan jalan tembus Desa Rangga Ilung menuju desa Mahajandau kecamatan Dusun Hilir sepanjang lima kilo meter, Penimbunan Alkah Kuburan Muslimin, Pembangungan Jalan atau Gang menuju Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jenamas, Penimbunan Lapangan SMA Bina Ilmu serta Pembangunan Lahan Parkir Pasar. “Saya berharap usulan prioritas desa kami ini bisa tereasisasi,” harap Jainal.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Mangkatir Abdulah menyampaikan tiga usulan prioritas yaitu lanjutan Pembangunan Masjid Desa Mangkatir, peningkatan dan pengerasan jalan Desa Mangkatir menuju Desa Lehai sepanjang 3,2 kilo meter serta pembangunan Kantor desa dan Kantor BPD.

“Untuk pembangunan kantor Desa dan Kantor BPD ini diusulkan menjadi salah satu usulan prioritas mengingat untuk kantor Desa dan Kantor BPD kami masih pinjam bangunan posyandu, besar harapan kami usulan ini bisa dikabulkan,” ungkap Abdulah.

Dalam kesempatan kegiatan tersebut Sekda Barsel Edy Purwanto yang turut didampingi Kepala Dinas Sosial PMD Kabupaten Barito Selatan Selvi Riyatmi menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada masyarakat desa Ranga Ilung dan desa Magkatir.

Pada rangkaian kegiatan Musdes tersebut turut hadir Kepala Perangkat Daerah, Camat Jenamas dan Camat Dusun Hilir serta unsur Tripika, Kepala Desa se-kecamatan Jenamas dan Dusun Hilir, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama.(Red)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889