METROKalteng.com
NEWS TICKER

Atasi Masalah Sampah, Anggota DPRD Barut Berharap Pemkab Menambah TPS di Dalam Kota

Monday, 28 November 2022 | 7:08 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 2

Muara Teweh, (METROKalteng.com) – Anggota DPRD dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) Kabupaten Barito Utara (F-PPP Kab-Barut), Wardathun Nur Jamilah berharap Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab-Barut) untuk menambah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di sejumlah tempat yang didalam kota Muara Teweh (Mute) dan sekitarnya.

“Terkait untuk menambah TPS ini berkaitan masih ada warga masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan. Dari pantauan dilapangan, disejumlah tempat dipinggiran dalam kota Muara Teweh maupun di komplek perumahan masih terdapat tumpukan sampah yang berserakan,” kata anggota DPRD Barut, Wardathun Nur Jamilah Senin, (28/11/2022) di Muara Teweh.

Dikatakannya, langkah upaya sosialisasi dan himbauan telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Barut melalui dinas terkait. Himbauan telah dilakukan mulai dari spanduk, baliho, hingga himbauan dan sosialisasi dan siaran radio pemerintah serta mobil pengangkut sampah juga menyampaikan himbauan setiap hari yanf didengarkan secara langsung oleh kalangan masyarakat.

Kendatipun sudah disampaikan himbauan, namun masih saja ada warga masyarakat yang tidak mengidahkan dan masih saja membuang sampah sembarangan tidak pada tempat yangbtelah dusediakan.

“Untuk itu saya berharap kesadaran dari warga masyarakat perlu ditingkatkan lagi agar selalu peduli akan kebersihan lingkungan sekitarnya,” harap Wardathun Nur Jamilah

Karena kondisi cuaca yang berubah ubah dan kerap turun hujan, lanjut Nur Jamilah,
dikhawatirkan akan menimbulkan bibit bibit penyakit dan bisa mengakibatkan banjir jika sampah dibuang disekitar drainase, sehingga perlu adanya kesadaran yang tinggi dikalangan masyarakat.

Untuk itu, anggota parlemen ini juga memberikan masukan kepada pemerintah daerah untuk memperbanyak tempat pembuangan sampah (TPS) baik di lingkungan perumahan masyarakat dan juga fasilitas umum.

Selain itu, perlu digalakkan terkait dengan peraturan untuk pembuangan sampah baik di TPS lingkungan, sementara dan TPA,diharapkan kesadaran akan kebersihan dapat dimulai dari hal kecil dalam keluarga,dengan demikian secara tidak langsung kita telah bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dalam kota Muara Teweh dan sekitarnya

“Kita mestinya bisa menjaga lingkungan yang bersih dan indah, saya meyakini masyarakat akan terbebas dari penyakit demam berdarah dan penyakit lainnya,” tutup Wardathun Nur Jamilah.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889