METROKalteng.com
NEWS TICKER

Danramil Kurun Kerahkan Anggota Pantau Wilayah Terdampak Banjir

Monday, 5 September 2022 | 4:57 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 3

Gunung Mas, (METROKalteng.com) – Danramil 1016-06/Kurun, Lettu Inf Juni Wijaya melalui para Babinsa meninjau sejumlah titik ruas jalan dan pemukiman warga yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Senin (05/09/2022).

Diketahui beberapa titik yang terdampak banjir tersebut merupakan wilayah dataran rendah yang berlokasi ditepian sungai, akibat dari tingginya curah hujan dan meluapnya anak sungai dan DAS Kahayan.

“Kita berkoordinasi dengan instansi terkait agar menyiapkan pendirian posko banjir dan menyediakan tempat pengungsian bila sewaktu-waktu debit air bertambah,” ujar Danramil.

Namun dari hasil pantauan, banjir yang terjadi tidak sampai membuat warga harus diungsikan. Sehingga anggota Koramil beserta instansi terkait tetap disiagakan dan rutin melaksanakan patroli untuk memantau perkembangan terkini.

“Kami imbau masyarakat tetap waspada dan segera mengamankan keluarga serta harta benda ketika sewaktu-waktu debit air naik akibat curah hujan yang masih tinggi,” kata Danramil.

Dalam pantauan Babinsa dilapangan sebanyak 108 KK di wilayah RT 09 Kecamatan Kurun yang berlokasi di gang damang batu, gang keluarga, gang manggis dan gang samuel tundjung merupakan daerah tepian sungai yang terendam banjir.

“Saya tekankan kepada para Babinsa untuk selalu memantau dan memonitor perkembangan keadaan desa binaan masing-masing, serta mengajak warga yang berada di sekitar sungai agar selalu waspada dan bersiaga memantau kondisi arus sungai, dikarenakan aliran arus sungai yang tinggi dan deras bisa naik kapanpun dan curah hujan yang makin meningkat,” tutup Danramil. (Red)

Sumber Pendim 1016/Plk

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889