METROKalteng.com
NEWS TICKER

Bupati Barut Pantau Perhelatan Pilkades Serentak 19 Mei 2022 Secara Virtual

Thursday, 19 May 2022 | 1:32 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 3

Muara Teweh (METROKalteng.com) – Bupati Kabupaten Barito Utara (Kab-Barut), H Nadalsyah memantau perhelatan pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak tanggal 19 Nei 2022 secara virtual. Adapun Pilkades Serentak tahun 2022 diikuti 73 Desa dari 93 Desa di 9 Kecamatan yang tersebar di Kabupayen Barut, karena tahapan Pilkades Serentak tahun 2022 dilaksanakan sejak Oktober 2021.

Pilkades serentak, Bupati Barut, H Nadalsyah memantau Pilkades secara virtual dari Banjarmasin, Kalimantan Selatsn. Pemantauan secara virtual ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Drs Muhlis, unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah, dan undangan lainnya bertempatbdi Rumah Jabatan Bupati, Kamis (19/5/2022).

Pelaksanaan Pilkades ini juga dihadiri Camat 9 kecamatan yang melaksanakan Pilkades, hanya Kecamatan Gunung Purei yang tidak dapat bergabung secara virtual dikarenakan terkendala jaringan telekomunikasi yang masih belum terkoneksi.

Sekda, Drs Muhlis memaparkan dan sekaligus sebagai Ketua Pelaksana Pilkades Kabupaten Barut menyampaikan jumlah Daftar Pemilih Tetap se Barut yang berjumlah sebanyak 44.080 pemilih, yang mendaftar sebagai bakal calon kepala desa sebanyak 263 orang dan yang ditetapkan sebagai calon kepala desa sebanyak 249 orang.

“Sehingga untuk tingkat pendidikan para calon kepala desa yang mengikuti Pilkades dari SLTP/Sederajat hingga strata dua (S2) dan dari peserta Pilkades dari berbagai profesi,” tutur Sekda Muhlis.

Delapan Camat yang hadir pada virtual Pilkades Serentak tersebut rata-rata pelaksanaannya berjalan dengan baik, aman dan lancar. Meskipun ada kendala sedikit, tetapi pelaksanaan Pilkades tetap berjalan dengan lancar dan aman dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerinyah.

Wakil Bupati Barut, Sugianto Panala Putra menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Utara telah berupaya keras untuk mempersiapkan dan memastikan pelaksanaan Pilkades Serentak berjalan dengan sukses, lancar dan kondusif.

Wabup juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sejak persiapan hingga pemungutan suara hari ini. “Sehingga semuanya berjalan sesuai rencana dan jadwal, aman, lancar, kondusif serta tetap mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku,”kata Wabup Sugianto Panala Putra.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah dalam arahannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut mensukseskan Pilkades Serentak tahun 2022. Bupati H Nadalyah mengharapkan agar semua pihak tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

“Sehingga dengan menerapkan protokol kesehatan, sehingga tidak ada muncul lonjakan kasus Covid-19. Dan juga semoga Kepala Desa yang terpilih dapat amanah,” sebut Bupati,H Nadalsyah.

Setelah melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkades Serentak secara virual, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Muhlis, unsur FKPD dan kepala perangkat daerah langsung melakukan pemantauan lapangan di beberapa desa yaitu Desa Lemo II dan Desa Sikui.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889