METROKalteng.com
NEWS TICKER

Bupati Dan Kadis PUPR Barut Cek Material Rangka Baja Jembatan Lemo

Wednesday, 30 March 2022 | 1:24 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 2

Jakarta, (METROKalteng com) – Bupati Kabupaten Barito Utara (Kab-Barut), H. Nadalsyah yang didampingi Kepala Dinas PUPR, M. Iman Topik, S.IP,M.Si dan pejabat teknis Bidang Bina Marga Dinas PUPR bertandang kepada rekanan PT. Indo Trans Konstruksi di Bekasi, Jawa Barat sebagai penyedia material rangka baja untuk pembangunan jembatan Lemo. Atas kedatangan Bupati disambut oleh General Manager, Sugeng Waluyo dan jajarannya, Rabu (29/03/2022).

Dalam arahannya, Dirut PT. Indo Trans Konstruksi menjelaskan bahwa progres desain jembatan telah selesai 100%. “Karena pihak penyedia rangka baj telah menyesuaikan dengan petunjuk dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ),” tukas Sugeng.

Pembelian material telah juga 100%, untuk proses pabrikasi bahwa pada bulan Mei selesai dilaksanakan. “Semua bentuk perubahan, baik evaluasi desain dan pabrikasi telah sesuai dengan rekomendasi dari KKJTJ, mudahan- mudahan semua berjalan sesuai rencana,” harap Sugeng.

Sementara itu, Bupati Barut, H. Nadalsyah mengatakan, bahwa proses perakitan rangka baja jembatan bentang 120 meter tidak mendesak. “Tidak harus selesai di bulan Mei 2022, bulan Oktober-November 2022 tidak apa-apa. Yang kami minta agar pada bulan Januari 2023 mendatan bisa dimulai perakitan di Barito Utara,” ujar H. Nadalsyah.

Bupati juga mengharapkan agar sebelum akhir jabatan sebagai Bupati, Jembatan Lemo dapat fungsional. “Kami sangat berharap agar sebelum masa jabatan saya berakhir, jembatan dapat dilewati masyarakat,” pinta Bupati Barut, H. Nadalsyah.

Namun, terkait pekerjaan lainnya, seperti rangka baja jembatan bentang 60 meter di PT. Wiratama Globalindo Jaya Jakarta, penumbukan pondasi jembatan dan lainnya, Bupati meminta kepada Kadis PUPR agar dapat menyesuaikan sesuai yang direncanakan.

Sehubungan anggaran yang diperlukan sebagian bukan dari APBD, nanti untuk pekerjaan yang dari dana APBD, proses pekerjaan menyesuaikan dengan ketentuan dan regulasi yang berlaku, sesuai instruksi Bupati kepada Kadis PUPR.

Selanjutnya, Bupati memerintahkan Kadis PUPR dan pejabat teknis untuk mengecek proses pabrikasi di workshop PT. Indo Trans Konstruksi di Cileungsi, Bogor.

Saat pengecekan, Kadis PUPR, M. Iman Topik yang didampingi General Manager dan Direktur Teknis PT. Indo Trans Konsultasi, menyampaikan, bahwa material jembatan telah siap 100% untuk dirakit. “Hanya tinggal dilaksanakan uji material dan tahapan perakitan,” tandas M Imam Topik. (Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889