METROKalteng.com
NEWS TICKER

Ketua Komisi III DPRD Barsel Meminta Pemkab Barsel Salurkan Bantuan Korban Terdampak Banjir

Thursday, 16 September 2021 | 6:07 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 11

Buntok, (METROKalteng.com) – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan H. Zainal Khairuddin SP meminta sekaligus mengharapkan, supaya bantuan bagi masyarakat yang rumahnya memang terdampak bencana banjir segera disalurkan.

“Sebab dalam beberapa terakhir saat ini, debit air pada DAS Barito kian meninggi dan tidak sedikit rumah-rumah masyarakat yang berada di pinggiran sungai Barito sudah terendam banjir,” kata Zainal Khairuddin, Kamis, (16/09/2021).

Legislator dari PPP Barsel itu mengimbau, agar Pemkab Barsel melalui instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMDes), Dinas Kesehatan (Dinkes) serta stakeholder lainnya dapat bergerak cepat.

“Pastinya gerak cepat itu dimaksudkan, guna melakukan distribusi bantuan bagi para korban bencana banjir, termasuk mengantisifasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” pinta wakil rakyat dapil III Barsel itu.

Anggota Legislatif Barsel itu menyarankan, guna mempermudah pemantauan dan pengawasan secara langsung di lokasi terjadinya bencana banjir itu, dapat kiranya didirikan Posko-Posko darurat.

“Pastinya Posko-Posko yang tugasnya memberikan pertolongan pertama kalinya, apabila ada masyarakat yang terserang penyakit maupun hal-hal lain yang tidak kita inginkan,” katanya lagi.

Zainal Khairuddin kembali menyarankan, agar Pemkab Barsel secepatnya melakukan penyaluran bantuan sembako atau bantuan lainya, tanpa harus menunggu penetapan status darurat bencana.

“Dengan cepatnya bantuan itu disalurkan, maka secepatnya pula bantuan yang memang dibutuhkan masyarakat seperti beras, makanan kaleng, Mie Instan dan lainnya dimanfaatkan para korban dari bencana banjir itu,” tutur Zainal mengakhiri.(VG)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889