METROKalteng.com
NEWS TICKER

DPRD Bartim Bersama Esekutif Bahas Penggunaan APBD Tahun 2020

Tuesday, 20 July 2021 | 10:31 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 7

Tamiang Layang, (METROKalteng.com) –
DPRD Kabupeten Barito Timur bersama pihak Eksekutif menggelar rapat Paripurna dengan beberapa agenda, diantaranya adalah pembahasan terkait penggunaan APBD tahun 2020.

Ketua DPRD Bartim, Nur Sulistio S. Pd. I mengatakan, pada Paripurna pertama disamapaikan pendapat akhir kepala daerah terkait tanggapan fraksi pendukung dewan kemarin. Adapun agenda pagi tadi terkait perubahan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan yang kedua adalah terkait Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020.

“Rapat kerja antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupeten Barito Timur (Bartim) bersama pihak Eksekutif hari ini adalah rapat Paripurna dengan agenda pembahasan terkait penggunaan APBD tahun 2020,” kata Ketua DPRD Bartim, Nur Sulistio S. Pd. I usai mengikuti rapat paripurna Senin, (19/7/2021).

Dikatakannya, setelah DPRD menyampaikan dan kepala daerah juga memberikan tanggapan. Kemudian hasil persetujuan bersama untuk ditindaklanjuti dan di evaluasi oleh pihak provinsi Kalteng.

“Selanjutnya RPJMD dilakukan penyesuaian dikarenakan beberapa alasan, pertama situasi pandemi kemudian program strategis nasional,” ujarnya.

Terkaitan dengan pertanggungjawaban APBD pihanya bersama pemda telah melakukan koreksi dan membenahi penyusunan program untuk menggenjot di sektor pendapatan asli daera (PAD) kemudian evaluasi program dan kegiatan, agar kegiatan lebih merujuk kepada program kegiatan yang langsung bisa dinikmati oleh masyarakat Bartim.

“Dengan beberapa kegiatan yang sudah dilakukan, pihak pemda sudah mengirim surat ke DPRD untuk dimediasi,” ungkap Nur Solistio.

“Kemudian, berkaitan dengan serah terima aset Pelabuhan Telang Baru Ke Dirjen, saat pihaknya menyampaikan surat ke Dirjen mereka belum bisa menerima disebabkan pandemi tapi proses terus berjalan, hanya saja kita belum tahu hasilnya sampai dimana, yang pasti DPRD sudah berupaya dan langkah upaya sampai ke agenda penyerahan aset dan kita dorong terus proses upaya tersebut,” tambahnya.

Kegiatan Rapar dipimpin lansung oleh Ketua DPRD, didampingi Wakil Ketua I, Ariantho S Muler, ST,.MM dan Wakil ketua II, Depe SE, diikuti Pimpinan dan Anggota Komisi dan fraksi-fraksi secara virtual dan online juga dihadiri Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh serta OPD Bartim terkait lainnya. (Son)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889