METROKalteng.com
NEWS TICKER

Untuk Tingkatkan PAD, DPRD Bartim Minta Pemkab Kelola Pelabuhan Telang Baru Dengan Serius

Thursday, 14 January 2021 | 10:09 am
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 59

Tamiang Layang, (METROKalteng.com) – Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah, meminta Pemerintah Daearah (Pemda) Bartim mengelola Pelabuhan di Desa Telang Baru Kecamatan Paju Epat dengan serius.

Karna itu adalah sebagai aset Pemerintah Pusat, kalau dikelola dengan baik sehingga bisa menambah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup siknipikan. Demikian disampaikan Anggota DPRD Bartim, Wahyudinnoor SP, MP, kepada awak Media, Rabu (13/01/2021).

Menurut Wahyudinnoor, Pelabuhan Telang Baru harusnya dikelola dengan baik, agar bisa menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk itu, agar Pemda Bartim memperhatikan hal tersebut, karena sumbangan untuk PAD dari Pelabuhan Telang Baru pada tahun 2020 hanya sekitar Rp. 75 Juta, pada tahu sebelumnya Rp. 25 Juta.

“Sangat disayangkan, karena Pelabuhan tersebut semasa pemerintahan sebelumnya bisa menghasilkan lebih dari Satu Miliar”, ungkapnya.

Kemudian, menurut Ketua DPC PKB Bartim tersebut, saat ini pengelolaan pelabuhan Telang Baru ada yang kurang tepat, oleh karena itu saat kami melakukan rapat kerja dengan dinas terkait meminta pelabuhan Telang Baru agar dimanfaatkan secara maksimal.

“Sebenarnya beberapa tahun ini bisa kita manfaatkan karena ada beberapa perusaahan sawit yang berivestasi di Bartim, sekarang mereka menggunakan pelabuhan lain untuk melakukan bongkar muat di daerah Kabupaten Barito Selatan, tentunya hal tersebut sangat kita sayangkan”, bebernya.

Seharusnya mereka (pihak perusahaan) memberikan kontribusi untuk Pemkab Bartim, kita menyayangkan aset yang nilainya Puluhan Miliar digelontorkan pemerintah pusat belum dikelola dengan benar.

Status pelabuhan Telang Baru masih dalam proses pengurusan, kita berharap pada tahun 2021 ini pelabuhan tersebut bisa diserahkan kepada Pemkab Bartim, tentunya dengan komitmen Pemkab Bartim harus berupaya semaksimal mungkin mengusahakan agar pelabuhan tersebut dikelola dengan baik sebagaiman yang kita harapkan. “Sehinga bisa menggenjot PAD Bartim untuk kedepannya”, pungkasnya. (Son)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889