METROKalteng.com
NEWS TICKER

Pemdes Lemo II Apresiasi Adanya Budidaya Madu Kelulut

Monday, 11 January 2021 | 6:03 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 20

Muara Teweh, (METROKalteng.con) – Pemerintah Desa (Pemdes) Lemo II, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara (Kab-Barut) mendukung penuh pengembangan budidaya madu kelulut yang dikelola oleh Koperasi Parazakian di desa setempat.

Kepala Desa Lemo II, Rusli melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Lemo II, Edy Suryadi, Senin (11/1/2021) mengatakan pengembangan budidaya madu kelulut ini dikelola oleh Koperasi Pengembangan Bisnis Parajakian dan dibina oleh PT Pama dan SMM.

“Pemdes Lemo II sangat mendukung pengembangan madu kelulut ini. Karena penempatan kantor KPB-P ini berada di Desa Lemo II akan tetapi KPB tersebut beranggotakan warga dari desa-desa sekitar wilayah tambang PT SMM yaitu dari Desa Lemo I, Desa Bintang Ninggi I dan Bintang Ninggi II, Desa Trinsing dan Desa Pendreh,” kata Sekdes Lemo II Edy Suryadi, Senin dihubungi melalui WhatsApp (WA).

Dikatakan Sekdes Lemo II, dalam pengembangan usaha pertama dari Koperasi ini yaitu budidaya madu kelulut yang mana saat ini sudah menunjukan perkembangan yang sangat baik.

“Saat ini jumlah stup budidaya madu kelulut masih berjumlah 40 stup, dan akan ditambah lagi dengan pemisahan koloni-koloni yang ada disekitar koperasi,” kata Edy Suryadi.

Lebih lanjut Sekdes Lemo II mengatakan diharapkan kedepannya budidaya madu kelulut ini akan terus dikembangankan. Selain pengembangan madu kelulut, juga ada dikembangkan budidaya ikan nila dan ikan lele dalam kolam.

“Untuk anggota koperasi ini nantinya akan di adakan pelatihan budidaya madu kelulut bekerja sama dgn PT Pama. Dan bekerja sama dengan PT Pama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Baru,” ujarnya.(Uzi)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889