METROKalteng.com
NEWS TICKER

Gandeng Mediator Nasional, Humas Polda Kalteng Damaikan Warganet Berseteru di Medsos

Sunday, 18 October 2020 | 6:50 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 22

Palangka Raya, (METROKalteng.com) –
Facebook, twitter, instagram dan media sosial lainnya terkadang dapat membuat pertikaian, perkelahian dan perselisihan bagi sesama pengguna media sosial.

Untuk menghindari hal tersebut, Bidang Humas Polda Kalteng menggandeng Dr. Sadiani, M.H. Pembantu Rektor III IAIN Palangka Raya yang mempunyai Sertifikasi mediator nasional untuk memediasi warganet yang berseteru di media sosial facebook, Sabtu (17/10/2020) sore kemarin.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. melalui Kabidhumas Kombes Pol Hendra Rochmawan, S.I.K., M.H. mengatakan, pihaknya menerima laporan dari salah satu warganet bahwa ia berseteru dengan warganet yang lain di media sosial dan minta difasilitasi untuk didamaikan.

“Setelah kami menerima laporan dari salah satu warganet MK (27) kami langsung menindaklanjutinya dengan memanggil pihak-pihak yang berseteru dengan pelapor yaitu IR (25) bersama suaminya,” terang Hendra saat dikonfirmasi, Minggu (18/10/2929) sore.

Kabidhumas mengaku, pihaknya tidak mau perseteruan warganet di media sosial ini akan merembet kemana-mana kalau tidak segera ditangani.

“Dalam melakukan mediasi kali ini, kami meminta bantuan Dosen IAIN Palangka Raya Dr Sadiani, M.H., karena beliau adalah mediator nasional yang sangat berpengalaman dalam hal memediasi perselisihan masyarakat,” tegasnya.

Hasilnya, kedua belah pihak yang berselisih berhasil didamaikan dan mereka saling meminta maaf serta berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatannya. Mereka sama-sama menyadari kesalahannya yang disebabkan salah paham.

“Saya mengimbau kepada warganet agar bijak bermedia sosial, dengan tidak saling mencaci dan memaki karena media sosial adalah ruang publik dan terbuka bagi orang lain. Kalau ada permasalahan hendaknya jangan dengan emosi dan segera diselesaikan dengan cara kekeluargaan dan perdamaian,” pungkas Hendra.(Margareth)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889