METROKalteng.com
NEWS TICKER

Kunjungi Galeri Dekranasda, Stafsus Milenial Presiden Akui Potensi Produk Kerajinan Kalteng

Saturday, 3 October 2020 | 1:42 pm
Reporter:
Posted by: metrokal
Dibaca: 29

Palangka Raya, (METROKalteng.com) – Staf Khusus (Stafsus) milenial Presiden RI Gracia Billy Yosaphat Mambrasar yang juga sebagai Duta Pembangunan Berkelanjutan Indonesia melakukan kunjungan ke Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Dekranasda Prov. Kalteng), Kota Palangka Raya, pada Jumat malam, (2/10/2020).

Kedatangan Staf Khusus Milenial Billy Mambrasar beserta rombongan tersebut disambut oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisdagperin) Provinsi Kalteng, Aster Bonawaty yang juga selaku Ketua Harian Dekranasda Kalteng, didampingi Kepala Seksi Ekspor Impor Sayid Zainudin dan jajaran Dinas Dagperin Provinsi Kalteng.

Begitu tiba, Billy Mambrasar kemudian diajak langsung untuk melihat berbagai kerajinan khas Kalteng yang dipamerkan di Galeri Central Borneo Souvenir Dekranasda Kalteng, seperti anyaman rotan, batik, dan tentunya getah nyatu.

Sembari melihat produk-produk kerajinan yang dihasilkan Industri Kecil Menengah (IKM) Kalteng tersebut, Billy Mambrasar berbincang dengan Kepala Dinas Aster Bonawaty mengenai sejumlah hal yang diperlukan bagi pengembangan industri kerajinan di Kalteng.

Dalam keterangan persnya, Stafsus Milenial Billy Mambrasar Indonesia mengakui potensi besar yang dimiliki produk kerajinan khas Kalteng untuk menembus pasar ekspor, terutama Getah Nyatu.

“Saya pikir setiap daerah memiliki keunggulan masing-masing. Keunggulan sendiri di Provinsi Kalimantan Tengah adalah ada beberapa bahan yang memang hanya ada di sini saja, misalnya karet getah nyatu, endemiknya ada di sini. Itu merupakan sesuatu potensi yang besar, apabila kemudian kita kembangkan untuk level ekspor, diperkenalkan lebih luas lagi,” beber Stafsus Billy Mambrasar.

Sementara itu, Kadisdagperin Provinsi Kalteng, Aster Bonawaty menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Stafsus Milenial Billy Mambrasar. Aster mengharapkan Stafsus Billy Mambrasar dapat membantu mendorong kemajuan industri kerajinan Kalteng, khususnya dalam memberikan fasilitasi ke kementerian-kementerian, terkait bantuan seperti peralatan, mesin, bimbingan teknis peningkatan kualitas, pemasaran, maupun pameran di dalam dan luar negeri.

Kita sangat senang ya, Staf Khusus Kepresidenan (Billy Mambrasar) itu sangat memperhatikan kegiatan kita. Beliau lihat langsung, terutama IKM yang sudah mulai bergerak lagi.

“Harapan kami, dengan adanya perhatian beliau yang ke sini melihat langsung kondisinya, mungkin ada hal-hal yang kita perlukan untuk pengembangan IKM, kita sampaikan, supaya beliau bisa memfasilitasi ke Kementerian-Kementerian terkait, untuk menyinergikan program Pusat dan Provinsi,” kata Kadisdagperin Provinsi Kalteng Aster Bonawaty. (Adn/Red)

Contak Redaksi 081349007114, 081250001889